Bye Bye Sakit Perut! 3 Latihan untuk Kurangi Gejala PMS

Selain mood yang tidak stabil, gejala Premenstrual Syndrome (PMS) seringkali ditandai dengan nyeri pada beberapa bagian tubuh. Salah satunya rasa sakit dan kembung pada perut. Ketika nyeri PMS menyerang, jangan hanya duduk atau tidur menahan sakit. Rasa sakit justru bisa berkurang apabila Anda bergerak.

Latihan tidak hanya meredakan sakit. Tapi juga cara efektif untuk menghilangkan stres dan mood negatif yang biasanya menyertai gejala PMS. "Yang terpenting, latihan harus dilakukan sedikitnya tiga kali seminggu, selama 30 menit," jelas Paula Castano, MD, asisten profesor klinis di bagian ginekologi Columbia University College of Physicians and Surgeons, New York yang dilansir WebMD.

Lalu, gerakan latihan apa yang paling cocok untuk masalah kewanitaan yang selalu datang setiap bulan ini? Simak tiga caranya, seperti dikutip dari Fit Sugar.

1. Jalan Cepat
Jalan cepat membuat otot-otot bergerak dan meningkatkan detak jantung, yang sangat direkomendasikan untuk meredakan sakit pada perut. Saat makan siang, sempatkan untuk makan di luar dengan berjalan kaki. Bisa juga dengan mengajak teman atau keluarga untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah sebelum makan malam agar tidak bosan. Jalan cepat selama 20-30 menit, cukup untuk membuat mood dan kondisi tubuh Anda lebih baik menjelang menstruasi.

2. Berenang
Saat di dalam air, tubuh akan terasa lebih ringan. Sehingga Anda bisa menggerakkan anggota badan ke segala arah tanpa harus mengeluarkan energi terlalu banyak. Tidak perlu berenang dengan sekuat tenaga seperti atlet renang, cukup dengan bergerak sesuai gerakan yang Anda suka. Banyak bergerak akan meningkatkan peredaran darah sehingga meningkatkan level energi, meredakan sakit kepala dan perut, serta menenangkan pikiran.

3. Latihan Kekuatan yang Fokus pada Perut
Anda mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana melakukan latihan perut sementara sakit di area tersebut seringkali tak tertahankan? Ternyata latihan perut justru sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat PMS. Salah satu gerakan yang penting dilakukan adalah Scissor Abs. Anda berbaring di lantai, lalu angkat kedua kaki dengan posisi agak melebar seperti gunting. Ulangi 10-20 kali, tekanan pada perut bagian bawah akan meredakan rasa sakit. Bisa juga dengan melakukan crunch, sit-up atau squad.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar